Pages - Menu

9 Tips Mempercepat Windows 7 Paling Powerfull

Komputer lelet memang masalah semua komputer. Kali ini saya akan memberikan 12 tips mudah untuk mengoptimasi dan mempercepat kinerja Windows 7. Ada sebagian fitur dari Windows yang sebenarnya bisa kita lakukan tuning untuk mengoptimasinya sehingga kinerja OS semakin baik. Beberapa tips di bawah juga bisa dilakukan di Windows 8; jadi saya pikir artikel ini bisa dipraktekkan untuk optimasi semua OS Windows.

Mempercepat Windows 7

Seperti yang lainnya, saya yang menggunakan Windows 7 juga sering mengalami yang namanya kinerja lambat, error, atau bahkan blue screen. Solusinya kita bisa melakukan beberapa langkah optimasi terhadap default setting Windows 7 sehingga kinerjanya lebih baik dan makin cepat. Berikut ini beberapa langkah tips untuk mempercepat Windows 7.

Jalankan Defragment, Disk Cleanup, dan Check Disk

Pastinya tidak asing dengan 3 tool ini. Namun entah kenapa banyak diantara pengguna jarang atau bahkan tidak pernah menjalankan tool-tool maintenance tersebut. Padahal melakukan maintenance secara teratur dapat memperpanjang usia PC kita.

Untuk menjalankan tool maintenance, caranya klik pada salah satu partisi, misal "Local Disk (C:)" lalu klik "Properties" lalu pilih tab "Tools". Klik salah satu tool yang tersedia.

Mempercepat Windows 7

Kegunaan “Defragmentation” adalah mengatur/mengurutkan ulang seluruh file yang ada pada partisi sehingga OS lebih mudah untuk mengaksesnya. Sedangkan Error-cheking adalah alat dapat memperbaiki bugs dari harddisk anda.

Kembali lagi ke "Properties" lalu pada tab "General" klik "Disk Cleanup".

Mempercepat Windows 7

Ceklist yang ingin anda buang, lalu klik "OK".

Disarankan untuk menjalankan 3 tool di atas rutin minimal setiap bulan.

Buang Visual Efek yang Tidak Penting

Windows 7 dirilis dengan beberapa visual efek baru yang menarik. Sayangnya visual efek tersebut juga memakan resource PC sehingga bisa memperlambat kinerja OS. Jika anda lebih mementingkan kinerja daripada tampilan, sebaiknya disable saja semua visual efek yang mengganggu tersebut.

Klik kanan "My Computer" pilih "Properties". Setelah jendela terbuka, klik "Advanced system settings" di sebelah kiri. Lalu klik "Settings" pada bagian "Performance". Akan muncul tampilan berikut

Mempercepat Windows 7

Hilangkan checklist visual efek yang tidak anda inginkan. Saran saya langsung saja pilih "Adjust for best performance" untuk membuang semuanya.

Nonaktifkan Program Startup yang Tidak Digunakan

Saat komputer masuk ke Windows, beberapa program dijalankan secara otomatis oleh sistem. Sebagian program tersebut memang ada yang penting seperti Antivirus, Java dll. Namun sebagian lagi ada yang tidak penting dan sebaiknya anda disable saja. Dengan melakukan ini kita dapat mempercepat startup Windows 7.

Untuk melakukannya, klik "Start" ketikkan "msconfig" tekan enter. Pilih tab Startup

Mempercepat Windows 7

Buang semua program yang tidak anda butuhkan. Startup seperti Adobe, Quicktime, dll yang tidak penting bisa anda disable.

Update Windows Terbaru

Satu langkah penting mengoptimasi Windows 7, yaitu update Windows. Mungkin karena sebagian besar kita menggunakan bajakan sehingga tidak pernah melakukan update. Padahal dengan menginstall update terakhir dari Windows dapat memperbaiki banyak bugs yang terdapat di sistem sehingga kinerja OS dapat lebih baik. Selain itu ini juga penting untuk keamanan komputer dari serangan luar.

Untuk install update, masuk ke "Control Panel" - "System and Secuirity" - "Windows Update". Lalu klik 'Check for updates" tunggu sampai Windows menemukan update yang tersedia. Kemudian pilih update yang ingin anda install.

Bersihkan Komputer dari Virus & Malware

Saya sering mengalami ini, komputer lambat yang diakibatkan oleh infeksi dari virus dan malware. Langkah terbaik tentu saja melakukan scanning komputer dengan antivirus yang terpercaya. Untuk pengguna Windows 7 ada Microsoft Security Essentials yang bisa anda gunakan secara gratis. Saya sendiri menggunakan Avast! karena fiturnya yang sangat lengkap.

Sedangkan untuk membersihkan malware, ada satu software yang sangat saya sarankan yaitu Malwarebytes. Software gratis ini merupakan pembersih malware yang cukup dan saya sudah membuktikannya.

Gunakan CCleaner atau Aplikasi Optimize Lainnya

CCleaner adalah aplikasi gratis yang sangat powerful dan dapat meningkatkan kecepatan komputer anda. Sejauh ini saya telah menggunakan CCleaner, dan ini adalah software terbaik bahkan lebih baik dari tool yang berbayar seperti TuneUp. Program ini dapat melakukan scanning seluruh sistem atau file di komputer dan perbaikan pada registry, temporary files, recycle bin, cookies, dll.

Uninstall Program yang Tidak Digunakan

Sangat dianjurkan untuk membuang program yang jarang atau tidak anda gunakan. Dengan begitu kita bisa menghemat registry, space hardisk dan running process sehingga kinerja komputer dapat berjalan lebih cepat. Untuk melakukannya sangat mudah, masuk ke "Control Panel" lalu klik "Uninstall a program" kemudian uninstall software yang tidak anda butuhkan. Namun saya lebih menyarankan menggunakan aplikasi lainnya seperti Revo Uninstaller karena dapat uninstall program lebih bersih dari program default Windows.

Hentikan Service yang Tidak Dibutuhkan

Tahukah anda jika Windows ternyata menjalankan banyak service secara otomatis? Memang ada banyak manfaat dari service-service ini, namun sebagian juga ada yang tidak kita butuhkan. Untuk membuangnya, klik "Start" ketikkan "services.msc" tekan enter.

Mempercepat Windows 7

Klik kanan service yang tidak anda butuhkan pilih "Properties". Pada "Startup type" pilih "Disabled" lalu klik OK. Jika anda tidak tahu service apa yang harus didisable, disable saja service "Tablet PC input Service" dan "Windows Indexing Service".

Disable UAC

Dengan menonaktifkan UAC dapat meningkatkan kinerja Windows anda. UAC adalah sistem notifikasi yang digunakan untuk mencegah serangan dari virus. Namun jika anda sudah menggunakan antivirus, UAC sudah tidak dibutuhkan lagi.

Sembilan langkah di atas juga berpengaruh untuk mempercepat booting Windows 7.

Akhir kata...

Perhatikan bahwa kecepatan sistem Windows 7 juga tergantung pada hardware yang anda gunakan. Tentu saja cara terbaik mempercepat Windows 7 adalah dengan mengupgrade hardware anda :D Namun apabila memiliki keterbatasan dana seperti saya, disaranakan untuk melaksanakan langkah-langkah optimasi di atas. Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment